Cara mengetahui ID widget blogger

Assalamualaikum.
Widget di blogger merupakan suatu hal penting,dimana keberadaannya cukup membantu kita untuk mengelola konten apa saja yang akan kita tampilkan di blog entah itu label,arsip,popular post,daftar link,pemasangan widget eksternal dengan javascript dan lain sebagainya.
Selain itu keberadaan widget di blogger akan membuat blog kita jauh lebih menarik apabila widget tersebut kita modifikasi sedemikian rupa.
Bagi anda yang saat ini sedang memodifikasi sebuah widget blogger,entah itu label,arsip,popular post dan widget lainnya mungkin anda akan sedikit bingung mencari ID dari setiap widget tersebut,dimana jika anda akan memodifikasi sebuah widget di blogger anda harus mengetahui ID dari setiap widget yang ada di blog anda yang tentunya ada di halaman edit HTML template.
Untuk itu di kesempatan kali saya akan berbagi sebuah cara atau tips mudah dalam mencari ID dari sebuah widget di blogger yang semoga mudah difahami.Untuk mengetahui semua ID dari widget blogger caranya adalah sama,oleh karena itu disini saya akan mengambil 1 contoh saja yaitu cara mengetahui ID widget label.

Berikut cara mengetahui ID widget blogger.
1.Silahkan login ke blogger.com.
2.Berikutnya silahkan anda klik tata letak lalu klik tambahkan gadget,seperti contoh gambar dibawah ini.
Cara mengetahui ID widget blogger

3.Berikutnya,silahkan anda pilih widget label,seperti contoh gambar dibawah ini.
Cara mengetahui ID widget blogger

4.Berikutnya anda akan diminta untuk mengkonfigurasikan widget label tersebut,silahkan masukkan judul dari widget label tersebut,misal : Label Saya,seperti contoh gambar dibawah ini.
Cara mengetahui ID widget blogger

5.Berikutnya silahkan anda klik simpan untuk menyimpan perubahan.
6.Berikutnya,silahkan anda klik template > Edit HTML.
7.Di halaman edit HTML,silahkan anda cari kode dengan keyword dari judul widget label yang baru anda buat,karena tadi anda menamai widget tersebut dengan nama Label Saya,maka silahkan anda cari kode dengan keyword Label Saya.Untuk lebih mudahnya silahkan anda gunakan CTRL+F jika anda menggunakan komputer.seperti contoh gambar dibawah ini.
Cara mengetahui ID widget blogger

8.Jika sudah ketemu,maka anda akan menemukan kode seperti,contoh gambar dibawah ini.
Cara mengetahui ID widget blogger
Coba anda perhatikan contoh kode dari gambar diatas,ada 2 kode yang saya beri lingkaran berwarna.

  • Kode yang saya lingkari berwarna biru adalah kode dari judul widget label yaitu label saya.
  • Kode yang saya lingkari berwarna merah yaitu  kode id='Label2' adalah kode ID dari widget  label saya.
Dengan begitu anda sudah dapat mengetahui sebuah ID dari widget label dan untuk mengetahui ID dari widget lainnya seperti popular post,arsip maka caranya adalah sama seperti contoh yang saya berikan diatas.
Lantas bagaimana jika widget di blog kita sudah ada? seperti popular post dengan judul posting terbaik? caranya mudah,yang hanya kita perlukan disini adalah klik template > edit HTML,masukkan keyword posting terbaik maka akan muncul ID dari widget tersebut.
Kenapa judul widget yang harus menjadi keyword? karena setiap ID di sebuah template itu berbeda-beda apalagi jika blog yang anda miliki mempunyai sebuah widget ganda dengan fitur yang sama.

Demikianlah caranya,semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.
Assalamualaikum.

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik dan dilarang mencantumkan link berbau pornografi,iklan