Cara mengganti template dari luar blogger.com

Cara mengganti template dari luar blogger.com

Assalamualaikum.
Jika anda mempunyai sebuah blog di blogger.com tentunya anda menginginkan tampilan di blog anda berbeda dari yang lain atau setidaknya nyaman dan pas di hati anda.Sebenarnya template yang sudah disediakan blogger.com sudah cukup baik karena kita bisa mengeditnya langsung di perancang template yang disediakan blogger.com,apalagi saat ini blogger.com telah memiliki template dinamis.
Namun tidak ada salahnya jika kita mencoba menggunakan template  hasil modifikasi atau buatan dari luar blogger.com,karena template buatan dari luar blogger.com juga tidak kalah menarik dan memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh template asli dari blogger.com,
Jika anda baru belajar blogging menggunakan blogger.com namun masih bingung untuk mengganti template dari luar blogger.com,maka di tutorial kali ini saya akan share cara untuk mengganti template asli dari blogger.com dengan menggunakan template buatan dari luar blogger.com.
Untuk mendapatkan template buatan luar blogger.com sangat mudah sekali kita temui,karena saat ini sudah banyak situs yang menyediakan template untuk blogger.com,anda dapat mencarinya di google.com dengan keyword free template blogger dan anda dapat mendownloadnya secara gratis.

Berikut cara mengganti template dari luar blogger.com
A.Cara mendapatkan file template (.xml) dari luar blogger.com
1.Silahkan anda cari di google.com dengan keyword free template blogger,nanti akan muncul banyak sekali situs yang menyediakan template blogger,silahkan kunjungi situs-situs tersebut.
2.Silahkan anda cari template yang menurut anda cocok untuk digunakan lalu download ke komputer anda.
3.Pada umumnya file hasil download saat ini berbentuk .zip atau langsung berbentuk file .xml.
4.Jika file hasil download berbentuk .zip maka kita harus mengekstraknya terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi zip editor untuk mencari file .xml yang berada didalam file .zip,karena ekstensi template yang kita gunakan untuk blogger harus berbentuk file .xml.

B.Cara mengganti template
Perlu anda perhatikan,setiap anda akan mengganti template blog ada baiknya anda membackup terlebih dahulu file template yang sekarang anda gunakan,jika belum tau silahkan klik disini.
1.Jika anda sudah memiliki file template dari luar blogger.com dalam bentuk .xml,selanjutnya silahkan anda masuk ke dashboard blog anda dengan mengunjungi situs www.blogger.com.
2.Di halaman dashboard,silahkan anda klik nama blog yang anda miliki (apabila blog anda lebih dari 1).Contoh seperti gambar dibawah ini.
Cara mengganti template dari luar blogger.com

3.Selanjutnya silahkan anda klik template,seperti contoh gambar dibawah ini.
Cara mengganti template dari luar blogger.com

4.Selanjutnya klik tombol atau button cadangkan/pulihkan,seperti contoh gambar dibawah ini.
Cara mengganti template dari luar blogger.com

5.Selanjutnya anda klik pilih file untuk mencari file .xml  yang sudah anda siapkan didalam komputer,contoh seperti gambar dibawah ini.
Cara mengganti template dari luar blogger.com

6.Jika sudah,silahkan anda klik unggah,seperti contoh gambar dibawah ini.
Cara mengganti template dari luar blogger.com

Jika proses uploading sudah selesai,silahkan kunjungi blog anda,jika tampilan blog sudah berubah maka anda telah berhasil mengganti template asli blogger.com dengan menggunakan template buatan luar blogger.com.
Perlu anda perhatikan,bahwa struktur sebuah template buatan luar blogger.com itu berbeda-beda,maka jangan heran jika anda mengganti sebuah template blogger,maka hasil tampilannya kadang acak-acakan.Untuk merapikannya silahkan anda klik tata letak di halaman dashboard blog anda untuk menghapus atau memindahkan beberapa widget yang letaknya tidak teratur.
Demikianlah cara mengganti template asli blogger.com dengan menggunakan template buatan luar blogger.com.
Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.
Assalamualaikum.

2 komentar

mas mau tnya saya udah mau ganti tempatenya tapi gabisa da tulisnnya "Template Anda tidak dapat diuraikan karena template tidak terbentuk dengan baik. Pastikan semua elemen XML ditutup dengan benar. pesan kesalahan XML:
Content is not allowed in prolog." harus di apain ya itu makasih sblumnya

hal tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor,diantaranya adalah adanya penulisan script template yang tidak dapat diterima oleh editor HTML,atau adanya kesalahan penulisan kode pada template.
Saya pernah mengalami hal demikian saat saya akan mengganti template blogger dari luar blogger,namun ketika saya cek ternyata kesalahan umumnya terjadi di bagian kode yang paling atas.
Coba anda cek kode ,pastikan kode tersebut berada pada nomor 1 paling atas.

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik dan dilarang mencantumkan link berbau pornografi,iklan